Translate

Sunday, April 4, 2010

Tanda-Tanda Serangan Jantung pada Perempuan

Serangan jantung masih dianggap penyakit kaum laki-laki, padahal perempuan juga bisa terkena. Tapi banyak perempuan yang tidak menyadari sehingga jarang terdeteksi.



Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) menunjukkan bahwa perempuan sering mengalami gejala satu bulan atau lebih sebelum akhirnya mendapatkan serangan jantung.



Diantara 515 perempuan yang diteliti, sebanyak 95 persen mengatakan bahwa mereka baru mengetahui gejala yang berbeda setelah satu bulan sebelum terkena serangan jantung atau Acute Myocardial Infarction (AMI).

"Semakin jelas bahwa gejala yang dialami oleh perempuan tidak bisa ditebak seperti laki-laki. Hal ini menunjukkan harus adanya kesadaran baik dari pihak perempuan maupun dokternya mengenai gejala yang dapat mengarah ke serangan jantung," ujar Patricia A Grady, PhD, RN, direktur dari NINR (National Institute of Nursing Research).

Patricia menambahkan hal ini penting agar tidak melewatkan kesempatan sedini mungkin untuk mencegah atau mengurangi AMI, karena hingga kini AMI masih menjadi penyebab pertama kematian pada laki-laki maupun perempuan.

Sebelum serangan jantung, ada beberapa gejala yang biasanya dialami oleh perempuan yaitu:


  1. Kelelahan yang tidak biasa (dialami sekitar 70 %)

  2. Gangguan tidur (dialami sekitar 48 %)

  3. Sesak napas (dialami sekitar 42 %)

  4. Gangguan pencernaan (dialami sekitar 39 %)

  5. Rasa ketakutan (dialami sekitar 35 %)

Saat serangan jantung terjadi ada beberapa gejala yang biasa menyertai yaitu:

  1. Sesak napas (dialami sekitar 58 %)

  2. Lemah (dialami sekitar 55 %)

  3. Kelelahan yang tidak biasa (dialami sekitar 43 %)

  4. Keringat dingin (dialami sekitar 39 %)

  5. Pusing (dialami sekitar 39 %)

Perempuan yang mengalami kematian akibat serangan jantung karena tidak menyadari gejala yagng timbul. Untuk itu kenali gejala serangan jantung yang terjadi pada perempuan karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa melihat jenis kelaminnya.

Kalau tanda-tandanya udah ada......Psssttt, jangan lupa baca juga ini

No comments:

Post a Comment